Jumat, 29 Juni 2012

Penyakit dan Gambar Jantung

jika anda ingin lebih jelas mengetahui jantung dan segala macam gangguannya silakan lihat gambar di bawah ini dan penjelasannya. 
Penyakit yang berkaitan erat dengan masalah pembuluh darah ini merupakan penyakit yang sangat menakutkan karena penyakit jantung terrmasuk penyebab utama kematian di negara maju, bahkan saat ini di indonesia penyakit jantung  menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian.
Penyakit jantung dan masalah pembuluh darah sering dianggap sebagai penyakit monopoli orang tua. Dahulu memang penyakit tersebut diderita oleh orang tua terutama yang berusia 60 tahun keatas, karena usia juga merupakan salah satu faktor resiko terkena penyakit jantung dan stroke

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner ditandai dengan adanya endapan lemak (ateroma atau plak) yang berkumpul di dalam sel dan melapisi dinding arteri koroner (pembuluh koroner) yang secara bertahap penumpukan lemak ini akan menyebar hingga pada bagian percabangan dua arteri utama.

 
Terjadinya proses pembentukan ateroma (aterosklerosis) yang terus membesar akan berpotensi memecah ateroma hingga beberapa bagian dan sebagian dari  pecahan ateroma tersebut biasanya akan masuk kedalam aliran darah dan membentuk bekuan-bekuan darah atau gumpalan darah yang nantinya akan mempersempit pembuluh darah arteri dan menyumbat aliran darah menuju jantung
Jika penyumbatan arteri koroner semakin memburuk maka akan mengakibatkan terjadinya iskemi (berkurangnya pasokan darah) pada otot jantung dan  menyebabkan kerusakan pada sel-sel jantung. Sehingga menyebabkan angina (nyeri dada) dan serangan jantung (infar miokardial)

Penyakit Gagal Jantung

Gagal jantung adalah suatu keadaan serius, dimana jumlah darah yang dipompa oleh jantung setiap menitnya (cardiac output, curah jantung) tidak mampu memenuhi kebutuhan normal tubuh akan oksigen dan zat zat makanan.

 
Dengan kata lain adalah berhentinya sirkulasi normal darah yang disebabkan karena adanya kegagalan dari ventrikel jantung untuk kontraksi secara efektif pada saat systole akan menghentikan .
Akibat kekurangan penyediaan darah, menyebabkan kematian sel dari kekurangan oksigen. Cerebral hypoxia atau kekurangan penyediaan oksigen ke otak menyebabkan korban kehilangan kesadaran dan berhenti bernafas dengan tiba-tiba
Gagal jantung adalah kondisi gawat medis yang bila tidak ditangani dengan segera akan menyebabkan kematian dalam waktu beberapa menit. Pertolongan pertama untuk orang yang terkena gagal jantung adalah cardiopulmonary resscitation. Kadang orang salah mengartikan gagal jantung sebagai berhentinya jantung, karena sebenarnya istilah gagal jantung menunjukka berkurangnya kemampuan jantung untuk mempertahankan beban kerjanya

Penyakit Serangan Jantung

Serangan jantung (infark miokardial) adalah suatu keadaan dimana secara tiba-tiba terjadi pembatasan atau pemutusan aliran darah ke jantung, yang menyebabkan otot jantung (miokardium) mati karena kekurangan oksigen.
Kebanyakan serangan jantung terjadi karena penyempitan pembuluh arteri yang berlangsung selama bertahun-tahun, ini bisa disebakan karena timbunan lemak pada dinding arteri / urat nadi, beberapa faktor yang menyebabkan pembentukan timbunan lemak tersebut antara lain adalah merokok, tekanan darah tinggi, diet yang tidak benar, kurang olah raga, obesitas/kegemukan dan lain-lain.
Di Inggris, pada usia antara 30-69 tahun, terdapat 6 dari 1000 orang laki-laki terkena penyakit serangan jantung setiap tahun, sedangkan untuk wanita lebih rendah yaitu 2 dari 100 orang. Pria mempunyai kemungkinan tiga kali lebih besar dari wanita. Setengah dari penderitanya kemudian terkena komplikasi serius lalu meninggal akibat gagal jantung (cardiac arrest) secara penuh karena jantung secara  total berhenti bekerja dalam 3 sampai 4 jam setelah serangan jantung tersebut. 

 
Setiap orang dengan sedikit atau banyak pengetahuan bisa mengembangkan cara-cara yang sederhana tentang pengobatan. seprti halnya China, Indonesia juga mempunyai banyak cara tradisioanl dalam hal pengobatan. salah satunya adalah pengobatan jantung dan perawatannnya.

    1. Ramuan I (untuk Mengatasi Denyut Jantung Tidak Teratur)
 Bahan-bahan
Lima belas gram jahe, lima puluh gram kulit pisang dan puluh gram gula batu. 

Cara membuat
Semua bahan dicuci hingga bersih. Kemudian direbus dengan air bersih sebanyak 600 ml hingga tersisa 300 ml. Air rebusannya.               

Cara memakai 
Airnya diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur dua kali sehari, tetapi harus tetap konsultasi dengan dokter.     

    1. Ramuan II (untuk Mengobati Pembengkakan Jantung)
 Bahan-bahan
Setengah genggam daun kemangi, setengah sendok teh biji kemangi, dua buah akar kemangi, dan satu ibu jari kencur. 

Cara membuat
Kencur dicuci bersih lalu dimemarkan. Bersama bahan-bahan lainnya direbus dalam dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, air rebusanya disaring.   

Cara memakai
Diminum dua kali sehari dengan dosis setengah gelas sekali minum.

    1. Ramuan III (untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi)
 Bahan-bahan
Dua batang meniran termasuk akar dan daunnya, seperempat genggam pegagan atau daun tapak kuda, sebelas lembar daun kumis kucing, dan dua jengkal tangan akar alang-alang.  

Cara membuat
Semua bahan dicuci  bersih, lalu direbus dalam lima gelas air hingga tersisa tiga gelas. Sebelum diminum, ramuan ini harus disaring.  

Cara memakai
Ramuan ini diminum tiga kali sehari dengan dosis sekali minum setengah gelas. Ramuan ini juga berguna untuk menyembuhkan keram atau kesemutan. Bahkan berkhasiat juga untuk mengobati  penyakit asam urat.  

    1. Ramuan IV (untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah)

Bahan-bahan
Lima belas gram jahe dan gula merah secukupnya.

Cara membuat
Jahe dicuci hingga bersih, lalu direbus dalam air bersih sebanyak 400 ml hingga airnya tersisa 200 ml. Sebelum diminum, air rebusannya disaring.

Cara memakai
Diminum dua kali sehari secara teratur.

    1. Ramuan V (untuk Mengobati Kolesterol dan Penyumbatan Pembuluh Darah)
 Bahan-bahan
Dua jari tangan temu giring, tiga lembar daun jati belanda, dan tiga belas lembar daun kemuning muda.

Cara membuat
Temu giring dikupas, lalu dicuci dan diiris kecil-kecil. Selanjutnya, rebus bersama dengan bahan lain dalam empat gelas air hingga tersisa dua gelas. Hasil ramuan itu disaring.

Cara memakai
Diminum tiga kali sehari dengan dosis setengah gelas setiap minum. Selain untuk menurunkan kolesterol, ramuan ini dapat digunakan untuk melarutkan lemak tubuh sehingga berat badan penderita lambat laun akan turun. Jika kolesterol yang dilarutkan terlalu banyak, tambahkan bawang putih ke dalamnya, kecuali jika penderita mempunyai penyakit maag. Fungsi bawang putih untuk merangsang pembentukan asam lambung.

    1. Ramuan VI (Penyakit Jantung yang Tidak Terlalu Parah dan Untuk Pencegahan)
 Bahan-bahan
Satu sendok makan ramuan mahkota dewa instant murni, satu kapsul daun dewa dengan umbinya ukuran 500 ml, dan daun dewa segar.

Cara membuat
Seduh satu sendok ramuan mahkota dewa instan murni dengan satu gelas air hangat, kemudian diminum satu kali sehari. Jika tersedia kapsul daun dewa dengan umbinya dapat diminum satu kapsul sehari. Dan jika senang lalap, dapat mengonsumsi daun dewa segar sebagai lalapan sehari-hari.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar